Berita Narkoba (Video)

Jumat, 13 Maret 2009

Publik Figur dan Narkoba (5)

Ratu Grammy, Ratu Narkoba


INILAH.COM, Los Angeles – Tak percuma Amy Winehouse mendapat izin meninggalkan pusat rehabilitasi narkoba. Dia menjadi ratu pada ajang anugerah musik bergengsi dunia, Grammy Awards. Lima anugerah disabetnya.
Kehidupan Winehouse, kini, memang bak dua sisi mata uang. Di satu sisi, dia adalah penyanyi muka baru yang namanya tengah menjulang. Di sisi lain, dia juga sedang mengalami masalah dengan obat-obatan.
Karena skandal obat terlarang itu pulalah, permohonan visanya ditolak pemerintah Amerika Serikat lewat kedutaannya di London. Dia, hanya muncul di Staples Center, Los Angeles, lewat tayangan satelit dari sebuah studio di London.
Winehouse yang merupakan penyanyi berbakat sekaligus penulis lagu ini diizinkan keluar sementara dari pusat rehabilitasi agar bisa tampil dalam Grammy, Minggu (10/2). Ia berhasil menggaet lima dari enam Grammy yang dinominasikan untuknya.
Kategori yang ia menangkan pun cukup prestisius. Albumnya menjadi rekaman tahun ini (Record of the Year). Singelnya, Rehab, menjadi lagu terbaik (Song of the Year). Selain itu, gadis berusia 25 tahun ini juga memenangkan artis pendatang baru terbaik (Best New Artist).
“Sulit bagi saya mempercayainya. Saya memenangkan lima anugerah,” ujar Winehouse.
Lewat bantuan satelit, dia unjuk kebolehan menyanyikan Rehab dan You Know I’m No Good. Dia kemudian mempersembahkan trofi rekaman terbaik untuk masyarakat kampung halamannya, orang tuanya, dan suaminya yang berada di penjara. “Blake saya, Blake saya yang terpenjara,” teriaknya. Blake yang dia maksud adalah Blake Fielder-Civil, lelaki yang dinikahinya di Miami, Florida, hampir setahun lalu.
Pemenang lain yang juga mengejutkan dalam perhelatan Grammy Award ke-50 ini adalah Herbie Hancock. Penyanyi jazz berusia 67 tahun ini menyabet penghargaan untuk kategori album jazz kontemporer terbaik (Best Contemporary Jazz Album) untuk album intepretasi Joni Mitchell yang berjudul River: The Joni Letters. Semua penonton kaget ketika nama Hancock disebutkan sebagai pemenang kategori ini.
Dalam pidatonya, Hancock yang juga seorang pianis ini menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para produsernya, terutama mentornya Miles Davis. “Saya ingin mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini karena ini berarti memberikan penghormatan kepada mereka yang telah membantu saya seperti Miles Davis dan John Coltrane. Sejak dulu, mereka semua sebetulnya layak mendapatkan penghargaan ini,” katanya.
Album kemenangan Hancock ini merupakan album jazz pertama yang memenangkan kategori ini sejak album Stan Getz dan Joao Gilberto memenangkan kategori yang sama pada 1964 lalu.
Sedangkan rapper Kanye West yang mendapat delapan nominasi hanya membawa pulang empat Grammy, termasuk untuk kategori album rap terbaik (best rap album) lewat Graduation. West juga tampil membawakan lagu hit dalam album tersebut yang berjudul Stronger dan Hey Mama. Lagu yang disebut terakhir ia tujukan untuk ibunya yang meninggal akibat serangan jantung setelah menjalani operasi.
“Saya sangat menghargai dukungan dan doa Anda semua,” katanya ketika menerima Grammy untuk album rap terbaik. Lalu ia berkata untuk ibunya, “Saya tahu Ibu ingin saya menjadi artis nomor satu di seluruh dunia. Inilah yang saya lakukan dan saya akan selalu membuat ibu bangga.”
Untuk kategori country, album Vince Gill yang berjudul These Days memenangkan kategori album terbaik (best album) dan Grammy-nya dipersembahkan oleh pentolan The Beatles, Ringo Starr.
“Saya baru saja mendapatkan penghargaan yang diberikan oleh seorang anggota the Beatles,” ucapnya kagum. Lalu ia menoleh kepada West dan berkata, “Apakah Anda pernah mengalami hal seperti ini, Kanye?” candanya yang disambut senyuman West dan derai tawa para penonton.
Band rock Foo Fighters memperoleh Grammy untuk kategori album rock terbaik (best rock album) lewat album terbaru mereka Echoes, Silence, Patience & Grace. Motor sekaligus vokalis grup ini, Dave Grohl, mendedikasikan album ini untuk putri kecilnya, Violet. “Dialah yang menispirasi saya,” ujar Grohl.
Alicia Keys berhasil menyabet Grammy untuk kategori penampilan R&B wanita terbaik (best female R&B performance). Ia membuka perhelatan Grammy dengan lagu Learnin the Blues yang dibawakan duet dengan virtual Frank Sinatra melalui sebuah rekaman video tua. “Saya berharap bisa menjadi artis yang klasik seperti ia (Sinatra),” kata Keys.
Selain Keys dan West, yang juga tampil dalam Grammy antara lain duet Josh Groban dan Andrea Bocelli, medley klasik dari John Fogerty – Jerry Lee Lewis – Little Richard, sebuah tribute untuk the Beatles dari Cirque du Soleil dan film Across the Universe, serta duet ringan lagu That Old Black Magic’oleh Keely Smith dan Kid Rock.


Sumber : www.artis.inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar